Hukum Mencuri Hak Cipta

Hak Hak Ma’nawiyyah (Hak Cipta)[1]

Pembahasan ini adalah suatu permasalahan yang baru dalam Fiqh Islamy yang sedang dibahas olah “Majami’ Fiqh iyyah” dan juga beberapa ulama’, sampai sampai menjadi tema karya tulis di perguruan tinggi islam. Pembahasan ini menerangkan tentang hukum kepemilikian hak cipta dan pemanfaatannya. Seperti penjualan merek dagang, hak temuan dan pemikiran atau ide, hak tulis dan pencetakan[2], dan lain sebagainya yang berhubungan dengan karya ilmiyyah lainnya.

Hak cipta adalah hak eksklusif Penciptaan atau Pemegang Hak Cipta untuk mengatur penggunaan hasil penuanga gagasan atau atau informasi tertentu.

Pada dasarnya, hak cipta merupakan “hak untuk menyalin suatu ciptaan”. Hak cipta dapat juga memungkinkan pemegang hak tersebut untuk membatasi penggandaan dan tidak sabatas suatu ciptaan. Pada umumnya pula hak cipta memiliki masa berlaku tertentu yang terbatas.[3]

 

HAK HAK MAKNAWIYYAH YANG MENDAPAT PERLINDUNGAN DALAM ISLAM

1.       Hasil pemikiran yang ada sisi penemuannya. Dari sini, maka suatu pemikiran yang mendapatkan perlindungan tidak disyaratkan murni dari suatu penemuan, akan tetapi cukuplah pemikiran tersebut memiliki sisi pembaharuan dan bukan pengulangan dari karya ilmiyyah yang lain.

2.       Pada karya ilmiyyah yang bermanfaat. Karena Islam telah mewajibkan kepada pemeluknya untuk menuntut ilmu, diwaktu yang sama juga menetapkan jenis ilmu yang wajib untuk dicari dan dihasilkan, dan hal itu disyaratkan harus pada ilmu ilmu yang bermanfat. Dan termasuk dari doanya Rosululloh:[4] (اللهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا)dan Beliau juga memohon perlindungan dari ilmu yang bermanfaat. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Huroiroh bahwasanya Rosululloh bersabda: [5](اللهم إني أعوذ بك من علم لا ينفع)

Atas dasar ini maka tidak ada tanggung jawab dalam melanggar atau menghilangkan karya tulis ataupun penemuan yang hukumnya haram dan menyelisihi syareat. Imam Syaukani telah menukil dari para ulama’ hukum kitab yang berisi keyakinan yang sesat, dan salinannya yang berada pada manusia semisal kitab ( Fususul Hikam ) dan ( Al Futuhat ) oleh Ibn ‘Arobi, dan kitab  ( Khol’u Na’lain ) oleh Ibn Qisi dan juga syairnya Ibnul Faridh dan yang lainnya. Maka hukum kitab kitab semacam ini adalah hendaknya dimusnahkan dengan cara dibakar dan ditenggelamkan kedalm air.[6]

Untuk itu berkata Ibn Qoyyim : “Begitu juga tidak ada denda dari sebab membakar dan memusnahkan kitab kitab yang menyesatkan. Berkata Al Marudzi: ‘Aku berkata kepada Ahmad: “Saya telah meminjam sebuah kitab yang didalamnya berisi sesuatu yang menyimpang, bagaimana pendapatmu? Apa saya harus membakarnya?. Imam Ahmad menjawab: “Ya, sungguh Nabi melihat sebuah kutipan dari Taurot yang dibawa oleh Umar, karena keheranan Beliau(Umar) kutipan tersebut sesuai dengan Al Quran (pada beberapa permasalahan). Tiba tiba berubahlah wajah Nabi karena marah sehingga pergilah Umar ke sebuah tungku (perapian) dan melemparkan kutipan tersebut kedalamnya.”

Maka semua buku semacam ini tidak bisa ditolerir, bahkan diizinkan oleh syareat untuk dimusnahkan, dan alngkah bahayanya atas umat ini. Sesungguhnya Para Sahabat telah membakar seluruh mushaf yang menyelisihi mushaf Ustman tatkala mereka hawatir akan terjadi perselisihan dalam tubuh umat ini, maka bagaimana jika mereka melihat kitab kitab semacam ini yang menyebabkan perselisihan dan perpecahan pada umat ini. Maka kesimpulannya kitab kitab yang mengandung kedustaan, kebid’ahan, kesesatan, wajib untuk dimusnahkan, dari pada alat alat musik dan bejana bejana khomer. Karena bahayanya labih besar dari pada bahaya yang ada pada mushaf yang menyelisihi mushafnya Utsman.

Lagi

Maktabah Syamilah di Linux

Alhamdulillah,sekarang kalo pake linux kita gak pake pusing lagi kalo mau instal maktabah syamilah, mikirin instal wine lah, inilah, itu lah biar maktabah syamilah bisa jalan di linux,dan akhirnya gak jadi deh make linux gara-gara puyeng install maktabah syamilah. Karena sekarang udah ada maktabah syamilah buat linux, namanya Maktabah Elkirtass, maktabah ini dibuat oleh teman kita Abu Zakaria dari Aljazair (Jazahullah khairan katsira)
Jadi, menurut ana Maktabah Elkirtas ini adalah “maktabah syamilah” yang paling bagus dan powerfull untuk versi linux. Di makktabah Elkirtas ini ada lebi dari 1900 buku-buku yang lagsung bisa di baca dan yang jelas gak pake repot .
Mengapa ana katakan Maktabah Elkirtass ini ini adalah “maktabah syamilah” yang paling bagus dan powerfull untuk versi linux? berikut beberapa kelebihannya dari hasil reserarch(yahahu ) yang ane lakukan  :

  • Adanya fasilitas newtab, memudahkan pengguna dalam mengakses kitab-kitab yang akan dibaca
  • Anda bisa mengubah warna-warna pada maktabah Elkirtass
  • Anda bisa langsung mencetak tanpa perlu copas ke text editor.
  • Anda juga misa mengubah font sesuka hati anda
  • Kemampuan menyimpan kitab-kitab ke format .odf, .pdf, dan .html
  • Lebih mudah dalam search engine kitab-kitab (berdasarkan kitab atau topik)
  • Anda bisa menghilangkan dan menimbulkan harakat pada kitab-kitab yang anda baca
  • Tampilan lebih nyaman dan enak dipandang
  • Anda bisa menambahkan kitab-kitab yang kurang
  • Bila ada kitab yang salah, anda dapat mengedit kitab tersebut
  • Anda juga bisa menghapus kitab yang ingin anda hapus
  • Bisa meimprort buku dari maktabah syamilah dengan format .bok atau .mdb

Dan masih banyak lagi kelebihan maktabah Elkirtas yang belum sempat ane tulis karena keterbatasan waktu.

Dimana donloadnya?
Bagi antum-antum yang gak sabar download maktabah Elkirtass, silahkan download versi terbaru (v2) di bawah ini :

elkirtasse-2.00-1.i586-mdv.rpm mandriva
elkirtasse-2.00-ubuntu-10.4.deb ubuntu
elkirtasse-2.00-1.i586-suse.rpm open suse
elkirtasse-2.00-1.i386.rpm FEDORA
elkirtasse-2.00-linux-qt4.6.bin

untuk meginstal Maktabah Elkirtass harus diinstal terlebih dahulu LIBQTGUI  dan LIBQTXML (alhamdulillah saya sendiri telah berhasil mengistal maktabah ini di sabily dan juga blankon sajadah,caranya setelah selesai didownload langsung copy paste ke home dan untuk file dengan fersi .deb bisa langsung diinstall dengan mendoble klik file tsb. untuk versi (3)klik disini

Trus, mana link kitab-kitabnya?

Oke, untuk link semua kitab-kitabnya anda bisa donload disini , atau anda ingin mendownload kitab per bagian-bagian saja bisa lewat sini.

Nah, setelah kitabnya udah di donload, langung ekstrak dan import ke direktori /.kirtasse/books atau bisa setelah diinstall maktabah Elkitass dilinux jalankan maktabahnya tambahkan kitabnya melalui ملف  pilih bagian penambahan kitabnya.

Atau mungkin anda tidak puas dengan kitab yang ada dan ingin menambah lagi perbendaharaan kitab, bisa anda download disini (terdapat lebuh dari 7000 kitab)

bagi anda yang tidak puas denga tulisan ane silahkan baca disini dan disini

Mungkin itu saja sekelumit info dari ane, terakhir ana mohon doa dari antum-antum semua agar diberikan Allah kemudahan untuk menyelesaikan full tutorial instalasi dan penggunaan maktabah elkirtasse di linux. Wallahu a’lam bishowab…

sumber : http://muslihzarth.wordpress.com/2010/10/31/maktabah-elkirtas-maktabah-syamilah-di-linux