Karomah Wali


Mendengar istilah wali saja kebanyakan orang pasti akan berfikir tentang keanehan dan kedigdayaan yang dimiliki oleh seseorang, apalagi jika orang tersebut bergelar “kiyai” pasti ia akan identik dengan sebutan wali. Dan setiap keanehan yang muncul darinya itulah yang dinamakan dengan karomah. Namun masalahnya, benarkah bahwa setiap kedigdayaan yang muncul dari seorang kyai, atau orang yang bersorban, berjubah bahkan berjenggot sekalipun dinamakan karomah wali? Kalau tidak, lantas bagaimanakah caranya agar kita dapat membedakan antara karomah sejati dengan karomah imitasi alias tipu daya setan? Dan kemudian apakah mencari karomah itu termasuk tujuan syari’at? Untuk menjawabnya maka simaklah ulasan berikut. Allohul Musta’an.  

DEFINISI KAROMAH

Menurut bahasa, lafazh (kata) karomah berasal dari كَرُمَ yang berarti kemuliaan. (al-Mu’jam al-Wasith: 784)

Alloh Aja wa Jalla berfirman:

إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ

Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. (QS. Al-Hujurat [49]: 13)

Karomah menurut istilah ialah kejadian luar biasa, tidak untuk melawan dan tidak untuk mengaku nabi. Alloh Aja wa Jalla menampakkan kepada walinya yang beriman untuk menolong urusan din (agama) atau duniawinya. (Syarh Utsul I’tiqod Ahlus Sunnah wal Jama’ah: 9/15, al-Minhatul Ilahiyyah fi Tahdzib Syarh at-Thohawiyyah: 387)

DALIL KAROMAH WALI

Allah Aja wa Jalla berfirman:

أَلَا إِنَّ أَوْلِيَاءَ اللَّهِ لَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ (62)   الَّذِينَ آمَنُوا وَكَانُوا يَتَّقُونَ (63)   لَهُمُ الْبُشْرَىٰ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الْآخِرَةِ ۚ لَا تَبْدِيلَ لِكَلِمَاتِ اللَّهِ ۚ ذَٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

Ingatlah, Sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (yaitu) orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa. Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia dan (dalam kehidupan} di akhirat. tidak ada perobahan bagi kalimat-kalimat (janji-janji) Allah. yang demikian itu adalah kemenangan yang besar. ( QS. Yunus [10]: 62-64).

Berkata Syaikh al-Baidhowi Rahimahulloh: “Inilah kabar gembira untuk orang yang bertakwa yang dijelaskan di dalam kitab Alloh Aja wa Jalla dan sunnah Rosululloh Shalallohu ‘alaihi wasalam. Alloh Aja wa Jalla memperlihatkan kepada mereka berupa impian yang benar serta yang nampak berupa kejadian luar biasa sekaligus kabar gembira saat malaikat mencabut nyawanya. (Lihat, Tafsir Baidhowi: 283).

Dari keterangan di atas maka jelaslah bahwa seorang wali itu memiliki karomah, baik karomah berupa keimanan dan takwa -dan inilah sebaik-baik karomah bagi mereka- dan ada lagi berupa keanehan yang kadangkala menyertai mereka.

Selain daripada itu, ayat atau tanda tersebut juga menunjukkan kepada kita bahwa wali yang sebenarnya adalah mereka yang selalu menurut dan mengikuti segala yang dicintai dan diridhoi Alloh Aja wa Jalla, menjauhi dan membenci serta melarang dari apa yang telah dilarang oleh-Nya[1]. Mereka mendapatkan petunjuk berupa dalil yang jelas dari Alloh Aja wa Jalla, tunduk kepada-Nya serta menegakkan yang al-haq yaitu beribadah, berdakwah dan menolong agama Alloh Aja wa Jalla. Inilah wali yang sebenarnya dan mereka itulah yang disebut sebagai wali Alloh Aja wa Jalla.  Adapun orang yang berpaling dari al-Qur’an mengingkari dan kafir kepadanya sehingga mereka dikeluarkan oleh setan dari kebenaran menuju kebodohan, kesesatan, dan kekafiran maka itulah wali setan. Alloh Aja wa Jalla berfirman:

وَمَنْ يَعْشُ عَنْ ذِكْرِ الرَّحْمَٰنِ نُقَيِّضْ لَهُ شَيْطَانًا فَهُوَ لَهُ قَرِينٌ (36)

Barangsiapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan yang Maha Pemurah (Al-Qur’an), Kami adakan baginya setan (yang menyesatkan) Maka setan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya. (QS. Az-Zukhruf [43]: 36)

Kesaktian dan kejadian luar biasa yang terjadi pada seseorang bukanlah ukuran untuk menentukan karomah dari kewalian. Tetapi harus dilihat ketaatan dan kesesuaiannya dengan ajaran Islam. Imam Syafi’i Rahimahulloh pernah mengatakan: “Jika kalian melihat seseorang berjalan di atas permukaan air atau melayang di udara maka janganlah terperdaya dengannya hingga kalian cocokkan keadaannya dengan al-Qur’an dan as-Sunnah.” (Syarh Aqidah Thohawiyyah: 769)

APAKAH SETIAP KEANEHAN MESTI KAROMAH?

Ketahuilah wahai saudaraku –semoga Alloh Aja wa Jalla merahmatimu-, sesungguhnya tidak semua  kejadian aneh dan nyeleneh dinamakan karomah, bahkan bisa jadi itu mukjizat, karomah wali atau sihir. Adapun mukjizat maka jelas perkaranya bagi kita lantaran ia merupakan kekhususan para utusan Alloh Aja wa Jalla. Dan untuk membedakan antara karomah wali atau selainnya (keanehan setan/sihir) maka dengan cara berikut:

  1. Dilihat pelakunya, apakah pengikut sunnah Rosululloh Shalallohu ‘alaihi wa salam ataukah tidak? Karena ulama telah sepakat, jika ada orang yang terbang, berjalan di atas air, jangan tergesa-gesa dinilai sebagai wali, sehingga benar-benar pelakunya dikenal sebagai orang yang mengikuti sunnah Rosululloh Shalallohu ‘alaihi wa salam, melaksanakan perintah dan meninggalkan larangannya. Karena keanehan boleh jadi muncul dari wali Alloh Aja wa Jalla atau musuh-Nya.
  2. Karomah wali tidak bisa dipelajari dan tidak dapat diajarkan; berbeda dengan sihir dan tenung, dapat dipelajari dengan belajar atau semedi atau dengan memanggil-manggil nama jin dan setan, pelakunya meninggalkan kewajiban seperti wudhu, sholat berjama’ah dan bergelut dengan barang najis dan perbuatan keji.
  3. Tanda lain yang dapat dikenal bahwa perbuatan keanehan itu sihir atau perbuatan setan ialah akan terjadi perlawana satu sama lain, karena memang tujuannya tidak sesuai syar’i tetapi ingin menampilkan kemampuan, tipu daya satu sama lain, berbeda dengan karomah wali Alloh Aja wa Jalla, tidak akan terjadi perlawanan satu sama lain.
  4. Sihir dapat diketahui, sebab pelakunya sering berbohong, menipu dan mengklaim (mengaku) bahwa dirinya sering mendapatkan karomah. Tujuannya supaya “diwalikan” oleh manusia, berbeda dengan wali Alloh Aja wa Jalla yang sebenarnya.
  5. Sihir dan sulap dapat ditolak dan ditangkal oleh ayat kursi, ayat-ayat Alloh Aja wa Jalla dan do’a yang shohih. (Taqdisul Asykhos fil Fikris Sufi: 2/282-284, Syarah Utsul I’tiqod Ahlus Sunah wal Jama’ah: 9/25-28)

CONTOH KAROMAH WALI

  1. Kisah Maryam yang mendapatkan makanan dari Alloh Aja wa Jalla tanpa susah payah. (QS. Ali Imron [3]: 37).
  2. Kisah istri Nabi Ibrohim Alaihi salam, dia adalah perempuan yang sudah tua, tetapi masih dikaruniai anak oleh Alloh Aja wa Jalla. (QS Hud [11]: 71-72)
  3. Kisah 3 orang yang terperangkap dalam gua. Karena mereka tidak mampu menggulingkan batu besar yang menutup pintu gua, lalu masing-masing berwasilah dengan amal sholihnya pada masa lampau. Lalu Alloh Aja wa Jalla membukakan batu besar tersebut. Ini menunjukkan karomah orang mukmin yang ikhlas beramal karena Alloh Aja wa Jalla. (Lihat, HR. Bukhori: 5517)
  4. Kisah Ashabul kahfi yang tertidur selama 309 tahun di dalam gua. Mereka hijroh di jalan Alloh Aja wa Jalla, meninggalkan kampung mereka demi menyelamatkan keimanan mereka kepada Alloh Aja wa Jalla dari gangguan orang-orang musyrik.
  5. Kisah Umar Radhiallohu ‘anhu yang memberikan komando kepada salah seorang panglimanya yang bernama Sariyah bin Zunaim Radhiallohu ‘anhu saat perang di daerah Persia lantaran mereka terkepung oleh musuh dengan mengatakan: “Wahai Sariyah, naiklah ke gunung!!, hingga akhirnya ia pun segara naik ke gunung dan menjadikan gunung tersebut sebagai benteng pertahanan. Padahal waktu itu Umar Radhiallohu ‘anhu  berada di Madinah dan beliau sedang menyampaikan khutbah Jum’at di atas mimbar. (Lihat, Syarh al-Aqidah al-Wasitiyyah, Ibnul Utsaimin: 2/304).

Dan masih banyak lagi contoh karomah yang lainnya baik di masa para sahabat, tabi’in, dan para ulama sesudahnya.

MENCARI KAROMAH WALI

Karomah wali yang berupa kejadian luar biasa, bukanlah tujuan hidup orang mukmin, berbeda dengan orang tarekat Sufi, mereka selalu mencari karomah dan ingin menjadi wali hingga mampu mengeluarkan keanehan. Orang mukmin hendaknya mencari istiqomah karena keanehan bukanlah syarat waliyulloh (wali Alloh Aja wa Jalla) dan bukan syarat kesempurnaan iman.

Imam Abu Ali al-Zuzjani Rahimahulloh berkata: “Jadilah orang yang mencari istiqomah bukan pencari karomah. Dirimu sibuk mencari karomah padahal Robbmu menuntutmu agar mencari istiqomah.” (al-Minhatul Ilahiyah fi Tahdzib Syarh at-Thohawiyah: 388)Dan hal ini sungguh sangat bersesuaian dengan firman Alloh Aja wa jalla

فَاسْتَقِمْ كَمَا أُمِرْتَ وَمَنْ تَابَ مَعَكَ وَلَا تَطْغَوْا ۚ إِنَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ (112)

Maka tetaplah kamu pada jalan yang benar, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah taubat beserta kamu dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.. (QS. Hud [11]: 112)

KEWAJIBAN BAGI YANG MENERIMA KAROMAH

Seorang mukmin ketika menerima karomah dari Alloh Aja wa Jalla hendaknya:

  1. Mensyukuri nikmat Alloh Aja wa Jalla yang diberikan kepadanya.
  2. Memohon kepada Alloh Aja wa Jalla tsabat (ketetapan iman).
  3. Hendaknya tidak memfitnah dan terfitnah dengan karomah yang ada, utamanya apabila karomah itu berupa ujian dan cobaan.
  4. Hendaknya berupaya menyimpannya dan hendaknya tidak menjadi sarana ketakabburan dan kesombongan di hadapan manusia karena hal itu akan membawa bencana. (al-Wajiz fi Aqidah Salafis Sholih: 150). Demikian. Semoga bermanfaat bagi segenap saudara-sadaraku seiman. Wallohu A’lam.

Oleh : Ust Abu Harits as Sidawi

©Buletin Al Furqon

 


[1] Al-Furqon Baina Auliya’ ar-Rohman wa Auliya’ asy-Syaithon, Ibnu Taimiyyah: 53-54.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Tulisan Terpopuler

%d blogger menyukai ini: